Msyullia's Blog

Life is never ending study

HAPPY IDUL FITRI


Mohon maaf lahir dan batin atas semua salah dan khilaf selama ini.

Advertisements
Leave a comment »

Hasil OSN Kota Solo 2012

Alhamdulillah tiga siswa SMP ISLAM AL ABIDIN mewakili Kota Surakarta maju ke Propinsi Jateng dalam OSN.
1. Muhammad Ilham Dhiya’ Rakasiwi (passing grade Biologi)
2. Erik Novriadi Rahardjo (Matematika)
3. Nurrohman Mahmudin Ardiansyah (IPS)
Data lengkap dapat dilihat di http://www.pdkjateng.go.id

Leave a comment »

LEVEL 8 READY to LEVEL 9

Image

Hurray…. Level 8 is done, and alhamdulillah two chapter of Level 9 already finish to disscuss by my level 8 partner. They all great student. I gave them a different ways on studying level 9 chapter. Actually, it’s just my strategy so that students learn more actively. I gave them one ebook of BSE, so they can study at home with it. And before i start the lesson, i’ll give them a QUIZ about what will we learn in one meeting.

This is some QUIZ that we disscuss:

View this document on Scribd

This is the very expensive Quiz, and the students have fun when we disscuss the answer. They can’t easily get the value. one bit of blame and no tolerance. They laugh and scream when they answer have a little mistakes. its true we have a great time… 🙂
Other Quiz on the same chapter you can see on this sribd.
View this document on Scribd

Well… have fun with your Mathematic Quiz, answer it like you are playing games. Finish the level and goes to the next level 🙂

Leave a comment »

INFO SMP ISLAM AL ABIDIN SURAKARTA

PENERIMAAN SISWA BARU SMP ISLAM AL ABIDIN

View this document on Scribd

Leave a comment »

Fieldtrip Math Project Level 8


Fieldtrip Math Lev 8
Sempet bingung mo ngadain fieldtrip kemana, dimana, dan gimana???
Alhamdulillah di kasih ide buat alat peraga. Partner-partner hebat saya pasti bisa menghasilkan alat-alat peraga yang sederhana dengan manfaat yang luar biasa. Beberapa alat peraga yang akan dibuat dapat dilihat dalam scribd berikut ini.

View this document on Scribd

Partner2 hebat dibagi menjadi beberapa kelompok dengan tugas membuat alat peraga yang berbeda-beda. Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana membuat masing-masing alat tersebut. Setelah alat jadi, masing-masing kelompok mempresentasikan manfaat atau penggunaan alat yang mereka buat. Presentasi finish, partner2 hebat saya bermain-main sebentar sebelum acara di tutup. Mereka bermain adu cepat menyusun kubus soma, salah satu alat peraga yang terbuat dari kubus-kubus kecil dan disusun dengan 7 pola yang berbeda.
Best Quick Soma Puzzle dipegang Rizky kelas Abbas dengan catatan waktu 6,36 detik. Rupanya proyek ini sangat menyenangkan plus menghasilkan banyak produk. Thanks to all my great partners at SMP Islam Al Abidin. You r the best students.

2 Comments »

Pertemuan Pertama di Lingkaran Lev 8


Great day @ semester 2 in SMP Islam Al Abidin. Materi semester 2 ini Geometri, so banyak pake benda-benda dan bangun-bangun ruang. Alhamdulillah juga saya nemu artikel serta beberapa fasilitas penunjang pembelajaran untuk materi lingkaran.
Pertemuan pertama setelah liburan Semester.

Emang udah diniati pertemuan pertama ini musti nge-game dulu aja. Baru masuk langsung materi peninglah 😀
Akhirnya kemarin saya minta partner hebat saya, yaitu siswa-siswi Level 8 untuk menggambar. Pertemuan pertama ini membahas UNSUR-UNSUR LINGKARAN. Ada 4 tema yang saya minta untuk digambar. Kelas putra dan putri berbeda tema. Tema-tema yang saya pakai beragam juga, yang pasti FUN. Dalam menggambar masing-masing tema, saya beri waktu, yaitu menggunakan lagu anak2. kalau lagunya selesai berarti harus lanjut ke tema atau gambar berikutnya. Yang seru ketika durasi waktu atau lagunya mau habis, ada yang teriak, ada yg bilang belum selesai, ada yg minta lagunya diputer sekali lagi, etc. Hasil dari gambar anak2 hebat ini akan dipilih dengan kriteria, gambar yang paling bagus, realistis, dan penempatan unsur-unsur lingkarannya musti benar.
Tema-tema yang saya buat antara lain:
1. Menggambar bagian mobil yang berbentuk lingkaran dengan dilengkapi bagian unsur lingkaran: jari-jari dan tali busur.
2. Menggambar lapangan bola dengan memfokuskan pada lingkaran yang ada di tengah lapangan dilengkapi dengan unsur tembereng, busur lingkaran, dan titik pusat lingkaran.
3. Menggambar kue yang berbentuk lingkaran (bebas sesuka mereka, ada yg gambar kue ulang tahun, pizza,dsb) dilengkapi dengan unsur diameter, apotema, dan juring
4. Menggambar bebas (bisa tokoh kartun atau hal yang mereka suka, ada yg menggambar spiderman, doraemon, kucing, raket pingpong, ban mobil, dsb) dilengkapi dengan 8 unsur yang ada pada lingkaran.
5. Menggambar kolam berbentuk lingkaran yang ada di tengah taman dilengkapi dengan unsur Juring dan apotema.
6. Menggambar bunga dengan dilengkapi unsur Jri-jari dan tembereng.
Itu beberapa tema di antara banyak tema yang bisa menghantarkan partner hebat saya memahami unsur-unsur dalam lignkaran.
Berikut ini beberapa hasil gambar partner2 hebat saya dalam belajar.

View this document on Scribd

Leave a comment »

Materi Lingkaran Lev 8


Hai, buat yang kemarin keasikan main matematika di kelas and belum sempet nyatat. Ni Ms lampirin materinya. Semoga bermanfaat, klo mo di salin di buku catatan its OK. Kalo mo di simppan buat belajar ma si Netbook/Laptop ya… No problem juga. Have fun with Circle of Math 🙂
Materi ini Ms dapat juga dari browsing di http://www.google.com tapi Ms edit beberapa bagian.

View this document on Scribd

Leave a comment »

I Believe – Maher Zein ft Irfan Makki

I Believe Lyrics

featuring Maher Zain

IRFAN MAKKI
When you’re searching for the light
And you see no hope in sight
Be sure and have no doubt
He’s always close to you

He’s the one who knows you best
He knows what’s in your heart
You’ll find your peace at last
If you just have faith in Him

You’re always in our hearts and minds
Your name is mentioned every day
I’ll follow you no matter what
My biggest wish is to see you one day

Chorus:
I believe
I believe
Do you believe, oh do you believe?

MAHER ZAIN
Coz I believe
In a man who used to be
So full of love and harmony
He fought for peace and liberty
And never would he hurt anything
He was a mercy for mankind
A teacher till the end of time
No creature could be compared to him
So full of light and blessings

You’re always in our hearts and minds
Your name is mentioned every day
I’ll follow you no matter what
If God wills we’ll meet one day

Chorus

If you lose your way
Believe in a better day
Trials will come
But surely they will fade away
If you just believe
What is plain to see
Just open your heart
And let His love flow through

I believe I believe, I believe I believe
And now I feel my heart is at peace

Chorus

I believe I believe, I believe I believe

Lyrics: Maher Zain, Bara Kherigi & Irfan Makki
Melody: Irfan Makki & Maher Zain
Arrangement: Maher Zain

 

1 Comment »

Rumus-Rumus BilBul

Ni dia nich, rumus-rumus bilangan bulat yang dah terangkum.

View this document on Scribd

Leave a comment »

Mathematic Story

Hai… long time no see…

This story was made by level 8 students of SMPI Al Abidin.

it’s about “Persamaan Garis Lurus”

Have fun with the story below:

View this document on Scribd

 

Leave a comment »